Senin, 28 Oktober 2013

KESIMPULAN


1.  Pada jaman modern seperti ini budaya asli negara kita memang sudah mulai memudar, faktor dari budaya luar memang sangat mempengaruhi pertumbuhan kehidupan di negara kita ini. Contohnya saja anak muda jaman sekarang, mereka sangat antusias dan up to date untuk mengetahui juga mengikuti perkembangan kehidupan budaya luar negeri. Sebenarnya bukan hanya orang-orang tua saja yang harus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan asli negara kita tetapi juga para anak muda harus senang dan mencintai kebudayaan asli negara sendiri. Banyak cara untuk melestarikan budaya ini, diantaranya :
a.  Potensi mudah berubah dari teknologi dan ekonomi harus kita sikapi dengan budaya kita;
b.  Beberapa individu yang mudah menerima unsur-unsur perubahan bebudayaan terutama generasi muda, harus diberikan pengarahan dan pandangan;
c.   Selalu membuat karya karya yang baru dan menyebarkannya ke seluruh masyarakat indoesia, terutama kepada generasi muda/penerus;
d.  Adanya kepedulian masyarakat untuk membuat suatu festifal untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia terutama di pelosok daerah yang tidak terjangkau,
e.  Menjaga nama budaya Indonesia agar tidak dapat ditiru atau dibajak oleh Negara lain; terakhir;
f.    Menyeimbangkan antara budaya dengan teknologi informasi saat ini.
2.  Keluarga dan masyarakat sangat erat kaitannya dalam pembentukan karakter individu, dimana keluarga adalah media sosialisasi pertama bagi manusia.
3.  Selain keluarga, perilaku masyarakat disekitarnya pun turut berperan dalam menentukan pola perkembangan suatu individu.
4.  Peran keluarga dan masyarakat hal yang terpenting dalam pembentukan karakter individu. Oleh karena itu, untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya serta menumbuhkembangkan perilakunya.
5.  Perkembangan budaya indonesia saat ini sudah mulai terkikis perlahan-perlahan seiring dengan perkembangan zaman yang lebih maju dan modern, saat ini banyak masyarakat secara perlahan meninggalkan budaya lokal atau tradisional dan lebih memilih budaya yang lebih modern. Ini terjadi karena adanya proses perubahan social seperti Akultursi dan Asimilasi.
6.  Berikut Faktor-faktor Pendorong Hilangnya Budaya Indonesia :
a.  Masuknya Budaya Asing
·      Cara Berpakaian
·      Alat Musik
·      Permainan Tradisional
b.  Kurangnya Kesadaran
c.   Kemajuan Teknologi dan Peralatan Hidup
7.  Masuknya budaya asing di Indonesia juga berdampak pada masyarakat. Berikut dampaknya bagi masyarakat Indonesia:
Dampak Positif :
a.  Dapat mempelajari kebiasaan, pola pikir dan perilaku bangsa2 yg maju sehingga mampu mendorong kita untuk lebih baik lagi dan maju seperti mereka.
b.  Adanya kemudahan untuk memperlihatkan dan memperkenalkan kebudayaan negeri kita sendiri ke luar negeri
c.   Terjadinya akulturasi budaya yg mungkin bisa menciptakan kebudayaan baru yg unik.
Dampak Negatif :
a.  Dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia, serta dapat terjadi proses perubahan social didaerah yang dapat mengakibatkan permusuhan antar suku sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi goyah.
b.  Masuknya budaya asing yg lebih mudah diserap dan ditiru oleh masyarakat baik tua maupun muda, dan parahnya yg ditiru biasanya yg jelek2. Meniru perilaku yg buruk
c.   Adanya globalisasi bisa memungkinkan hilangnya suatu kebudayaan karena adanya percampuran antara kebudayaan lokal dgn kebudayaan dr luar, bisa juga karna memang tidak ada generasi penerus yg melestarikan budaya tsb.
d.  Mudah terpengaruh oleh hal yg berbau barat. Generasi muda lupa akan identitasnya sebagai bangsa Indonesia karena perilakunya banyak meniru budaya barat.
e.  Menumbuhkan sifat dan sikap individualisme, tidak adanya rasa kepedulian terhadap orang lain. Padahal bangsa indonesia dulu terkenal dgn gotong royong,
8.  Masyarakat pun dapat berperan serta dalam mengendalikan arus globalisasi ini. Diantaranya dengan langkah-langkah berikut :
a.  Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, seperti semangat mencintai produk dalam negeri.
b.  Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
c.   Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.
d.  Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya.
e.  Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar